Unique Selling, ala Joe Girard



Unique Selling, ala Joe Girard

By elha, direktur elhaPro

Target, Target, Target….!!!

Tiga kata di atas yang rangkaian hurufnya sama adalah kalimat yang sering, atau bahkan hamper setiap hari terngiang di telinga kita. Sebagian menjadikannya sebagai motivasi dan pelecut kinerja. Sebagian yang lain menerimanya sebagai beban dan tekanan. Ada dimana kita ?  J

Kita lupakan sementara perdebatan mengenai  target. sekarang mari kita kupas sosok Joe Girard, seorang sales mobil asal Michigan, Amerika Serikat.


Coba tanyakan pada teman, sahabat, saudara atau tetangga yang menjadi sales mobil, berapa penjualan yang berhasil di lakukan dalam satu bulan ?

1,2 atau 3….? Ya, jawaban seperti yang paling banyak kita dengar. Sedangkan yang tertinggi rata – rata akan bertengger pada angka 4-5 mobil perbulan.

Berapa yang dijual oleh seorang Joe Girard ?  Sama, jawabannya 4-5 mobil. Aaaah, itu siiih biasa dan sama saja dengan kebanyakan sales mobil yang  lain.  Benar, yang dijual oleh Joe Girard sama dengan yang dijual oleh sales mobil yang lain. Hanya berbeda dalam hal waktu.
Jika sales mobil lain menjual tertinggi 4-5 mobil perbulan, Joe Girard menjualnya 4-5 mobil perhari.
Atas prestasinya itu Joe Girard menjadi

Mata kita mungkin akan langsung terbelalak, “Loh koq bisa ?”.  Jangankan kita, negeri paman sam saja terbelalak, hingga Guiness Book of The Record menobatkannya sebagai “The World Greates Salesman”

Siapa sih Joe Girard  itu ?

Joe Girard adalah pria keturunan sisilia yang lahir di Detroit, Michigan Amerika Serikat.
Pada usia 16 tahun dia bekerja paruh waktu sebagai penjual kompor, pernah juga bekerja sebagai asisten penjual sayur dan buah, bergabung dengan US Army Infantry. Pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain karena tidak memuaskannya.

Patah hati, patah semangat dan frustasi juga pernah dirasakannya.
Quantum kariernya dimulai ketika dia berrtemu Ibrahim Saperstein yang bisa membawa Joe Girard menemukan jati dirinya, dan meyakinkan bahwa ada satu pekerjaan yang sesuai dengan dirinya.

Rahasia Sukses Joe Girard
Sebenarnya sukses Joe Girard sama seperti yang sering sudha kita dengar, atau bahkan sudah pula kita jalankan. Hanya seorang Joe Girard lebih konsisten dalam melaksanakannya.

1.       Tekun dan tabah
Sama seperrti orang hebat lainnya Joe Girard memiliki ketekunan dan ketabahan yang Rruar biasa. Dia tidak terbiasa dengan hal – hal yang berbau instan seperti yang disajikan di beberapa tv swasta kita. Hehehe

2.       Optimis dan Husnudzon / berbaik sangka
Allah sangat suka kepada hambaNYA yang optimis dan husnudzon. DIA tidak membedakan gender dan agama hambaNYA. Siapa yang optimis dan berbaik sangka akan diberikan ganjaran dan rejeki yang berlipat ganda. Joe Girard adalah contohnya.

3.       Menjual Diri
Menjual diri dengan penampilan, pakaian, obrolan dan senyum yang disesuaikan dengan lawan bicara / pelanggan.
4.       PD abies dan Berani
Tidak takut gagal dan selau PD (percaya diri) . tidak  ada kata takut, karena takut adalah buah untuk hasil yang tidak baik.

5.       Semangat dan Antusias
Joe Girard di juluki sebagai “manusia dalam pusaran angin” karena semangat dan antusiasmenya yang menggelora seperti pusaran angin”.

6.       Jadilah pendengar yang baik
Nah ini yang penting dan jarang orang memiikinya. Jadilah pendengar yang baik, bukan menjadi penjual omongan dan mau menjadi pribadi yang seau diperhatikan.

0 Komentar untuk "Unique Selling, ala Joe Girard"

 
Copyright © 2014 ElhaPro - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info